Hanya Dalam Waktu 15 Bulan Pria Ini Berhasil Miliki 67 Hotel Dari Jualan Burger

Posted on

Pandemi tidak menjadi penghalang bagi pria ini untuk meraih kesuksesan. Ia membuktikan bahwa tekad yang kuat akan membawanya kepada keberhasilan.

Berawal dari bisnis kedai burger yang sederhana, sekarang dirinya sukses jadi pemilik puluhan hotel, termasuk hotel-hotel besar di Indonesia.

Mengutip The Star (16/9), seorang pria asal Malaysia bernama Norizam Tukiman justru mengaku mendapatkan kesempatan untuk memperluas bisnisnya selama pandemi.

Hanya dalam waktu 15 bulan, Norizam berhasil kuasai 67 hotel, termasuk tiga hotel di Indonesia.

Menurut pengakuannya ia ditawarkan hotel-hotel tersebut dengan harga yang murah karena banyak hotel yang merugi akibat pandemi.

Namun ada hal unik di balik sosok Norizam yang kini jadi bos dari puluhan hotel.

Datang dari keluarga yang cukup kekurangan, Norizam muda disibukkan dengan kegiatan membantu sang ayah berjualan gorengan.

Tukiman Jasemo merupakan seorang pedagang kedai pinggir jalan yang selalu dibantu oleh anaknya Norizam.

Saat berusia 16 tahun, Norizam baru memulai bisnisnya sendiri yaitu kedai burger.

Bermodalkan uang senilai Rp5 juta, Norizam membuka kedai burger pertamanya di Kampung Tuah Jaya, Johor.

“Uang yang aku dapatkan dari berjualan burger sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harianku. Selain menjualnya di pinggir jalan, aku juga mengirimkan burger-burger ke kantin-kantin kantor dan halte bis Larkin,” kata Norizam.

Langkah awal yang sangat berat ini membuat dirinya tertantang untuk belajar lebih keras.

Ia bahkan sempat mengenyam pendidikan tinggi dan mendapat gelar diplomanya pada bidang analisis investasi. Pekerjaan pertamanya setelah lulus adalah menjadi sebuah konsultan investasi di salah satu bank di Johor.

Setelah perjalanan yang panjang, Norizam akhirnya berhasil membeli tiga buah hotel pertamanya di Senai, Johor dan Sepang. Hotel-hotel ini didapatkan oleh Norizam melalui keuntungan dari bisnis kulinernya yang telah berkembang pesat yaitu UZ Food Berhad.

“Untuk membangun dan merenovasi 30 kamar hotel aku membutuhkan rata-rata biaya sebesar Rp1 triliun dan itu sangat mahal, jadi yang aku lakukan adalah menyewa hotel dari pemiliknya dengan kisaran harga rp51 juta hingga Rp69 juta per bulannya selama 15 sampai 20 tahun,” kata Norizam.

Ternyata cara ini ampuh untuk membantu bisnis Norizam berkembang dengan pesat.

Bahkan menurut pengakuan Norizam, akhir tahun ini ia bertujuan akan menambah kepemilikan hotelnya dan memiliki hingga 100 hotel per akhir tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *