Ramesh Babu, Tukang Cukur Sukses Yang Mampu Beli Hingga Ratusan Mobil Mewah

Posted on

Untuk meraih kesuksesan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan proses dan waktu serta kerja keras.

Karena roda kehidupan terus berputar, akan ada saatnya bagi seseorang yang berada di bawah menempati posisi teratas untuk menikmati hasil kerja kerasnya.

Hal itu dibuktikan Ramesh Babu, seorang tukang cukur yang kini menjadi miliarder.

Berawal dari bekerja sebagai tukang cukur, kini dia menjadi miliarder yang memiliki lebih dari 400 mobil mewah.

Ia pun memperluas bisnisnya dengan bisnis Tours and Travels.

Lahir di Bangalore, Ramesh merupakan anak tukang cukur bernama P Gopal. Ia harus kehilangan ayahnya saat berusia tujuh tahun dan melihat awal kekacauan dalam hidupnya pada usia yang sangat muda.

Karena tak memiliki sosok ayah untuk menafkahi keluarganya, Ramesh pun tak punya pilihan lain selain harus turut menopang ekonomi keluarga.

Sang ibu pun harus bekerja sebagai pelayan di berbagai rumah untuk memberi makan tiga anaknya.

Karena dia tidak bisa menjalankan toko sendirian, pangkas rambut peninggalan ayahnya disewakan seharga 5 rupee per hari.

Saat Ramesh berusia 13 tahun, dia mulai berusaha membantu keuangan keluarganya dengan melakukan berbagai hal, seperti koran dan pengiriman susu.

Ramesh remaja harus putus sekolah karena ingin menjaga toko. Namun, saat tengah menjaga toko ia terlintas ide untuk mengubah tempat pangkas rambut biasa menjadi salon penata rambut trendi yang disebut ‘Innes Space’.

Pada tahun 1993, melansir dari news18, Ramesh memahami ia perlu mengembangkan bisnisnya untuk memberikan kehidupan yang lebih baik demi keluarganya.

Bermodal tabungan salon dan bantuan dari pamannya, dia kemudian mobil Maruti Omni Van dan menyewakannya karena dia tidak bisa mengendarai kendaraan karena kekurangan waktu.

Berkat mobil itu, kehidupan Ramesh dan keluarganya perlahan membaik. Kontrak bisnis pertamanya membuatnya menemukan peluang usaha di bidang tersebut.

Secara bertahap, armada kendaraan miliknya tumbuh lebih besar dan megah sampai tahun 2004. Pada tahun yang sama, ia membeli armada mewah pertamanya, Mercedes E Class Sedan yang berharga 38 lakh Rupee.

Saat ini, anak yang berusaha membangun usaha pangkas rambut, Ramesh Babu, tidak lain adalah pemilik Ramesh Tours and Travel yang menyewakan beragam merk mobil mulai dari Innova, BMW hingga Roll Royce Ghost dan Mercedes Maybach.

Meski sudah menjadi miliarder, dia masih menghabiskan hari-harinya di salon miliknya sambil bercanda bersama pelanggannya.

Selain menjadi miliarder tukang cukur, ia juga menjadi inspirasi bagi semua pengusaha yang meragukan kalibernya atau kurang motivasi untuk bermimpi dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *